Selasa, 20 Juni 2017

20 Nama hantu kepercayaan masyarakat di jawa

Hantu makhluk gaib

Hantu dipercaya keberadaannya oleh hampir semua umat manusia yang mempercayai adanya Tuhan, meskipun hanya sebagian kecil yang mengakui pernah melihat hantu secara langsung. Keberadaan hantu menjadi pro dan kontra di banyak negara maju. Sebagian ilmuwan beranggapan hantu hanyalah ilusi atau pun khayalan mereka yang mempercayainya, sementara sebagian ilmuwan lain berusaha membuktikannya secara ilmiah adanya zat yang terkandung dalam hantu.

Meskipun secara umum hantu merujuk pada suatu zat yang mengganggu kehidupan duniawi, dalam banyak kebudayaan, hantu tidak didefinisikan sebagai zat yang baik maupun jahat. Sebutan setan, iblis, genderuwo, dan sebagainya, lebih umum digunakan untuk merujuk kepada hantu yang jahat. Sedangkan hantu yang baik yang dianggap mempunyai kemampuan untuk menolong manusia, disebut dengan bermacam nama yang berbeda, seperti sebutan untuk Datuk, Te Cu Kong (penguasa tanah, dalam agama Kong Hu Cu), dan lainnya. Tetapi di dalam kebanyakan agama, meminta hantu untuk membantu manusia adalah dilarang.

Berikut di bawah ini merupakan beberapa nama-nama hantu Indonesia khususnya di pulau Jawa yang sebagian dipercayai oleh masyarakat Indonesia:

1. Tuyul
Tuyul adalah hantu yang dipercaya untuk pesugihan oleh manusia. Karena tuyul dapat memberikan keuntungan apabila dipelihara. Hantu ini berwujud seperti seorang anak kecil yang memiliki kepala tak berambut alias gundul dan tidak berpakaian. Untuk memelihara tuyul, mitosnya tuyul harus di beri susu oleh majikannya dan diperlakukan seperti layaknya anak kecil.

2. Pocong
Hantu ini terbilang hantu yang paling popular di Indonesia karena wujudnya yang mudah di ingat. Masyarakat mempercayai bahwa hantu ini ada karena pada proses pemakaman (agama islam) belum membuka tali pengikat yang seharusnya dibuka. Karena tali pengikat yang belum dilepas pada proses pemakaman, arwah orang yang meninggal tersebut menjadi penasaran dan ingin meminta untuk dibukakan tali pengikatnya.

3. Genderuwo
Genderuwo adalah hantu yang dipercaya masyarakat Indonesia sebagai hantu yang berbadan besar, dan berwajah menyeramkan namun dapat menjelma meyerupai manusia jika memakai bajunya yang dilakukan untuk mengoda wanita.

4. Kuntilanak
Kuntilanak dipercaya sebagai hantu yang meninggal karena proses melahirkan yang tidak berhasil dan membuat perempuan hamil tersebut meninggal. Kuntilanak juga biasa disebut “puntianak” yang merupakan singkatan dari “perempuan mati beranak”. Hantu ini memiliki wajah yang pucat, dikenal masyarakat mengenakan baju berwarna putih, dan memiliki rambut yang panjang yang biasa menutupi wajahnya.

5. Si Manis Jembatan Ancol
Hantu ini adalah hantu yang terkenal di daerah Jakarta, khususnya daerah Ancol. Karena hantu ini sering memunculkan wujudnya di jembatan merah daerah Ancol pada lelaki yang lewat. Karena mitosnya hantu ini ialah seorang gadis kembang desa yang menjadi korban pemerkosaan di daerah jembatan Ancol.

6. Wewe Gombel
Hantu ini dipercaya masyarakat sering mencuri anak-anak yang sedang bermain. Biasanya para orang tua memberi tahu kepada anaknya untuk tidak bermain sampai matahari tenggelam, agar tidak di culik oleh hantu ini.

7. Hantu Jeruk Purut
Menurut kepercayaan masyarakat Jakarta, daerah pemakaman umum jeruk purut terdapat sesosok hantu pastur berkepala buntung yang arwahnya bergentayangan mencari kepalanya yang hilang dibuang pada saat pembunuhan yang membuat ia meninggal, yang sering disebut Hantu Jeruk Purut.

8. Nyai Roro Kidul
Ratu Pantai Selatan atau Nyai Roro Kidul dikenal sebagai penunggu pantai selatan jawa. Di ketahui hantu tersebut memakai baju khas jawa dengan warna serba hijau. Konon cerita yang beredar di masyarakat seseorang akan hilang apabila memakai baju berwarna hijau yang sedang bermain di pantai.

9. Mak Lampir
Hantu yang berwujud seorang nenek penguasa gunung merapi yang memiliki tongkat sihir sakti yang dapat melakukan banyak hal jahat kepada orang lain.

10. Kemamang
menurut kepercayaan masyarakat Jawa, kemamang ialah santet yang dikirim oleh dukun yang berupa bola api terbang yang menyebabkan seseorang mengelami kematian.

11. Jerangkong
Jerangkong adalah jenis hantu yang di percaya sering mencuri telur ayampenduduk, bentuknya seperti kerangka manusia, dan beraksi di malam hari. Telur yang dimakan jerangkong itu tidak pecah, kecuali hanya isinya yang kosong, dan yang tersisa hanya kulitnya saja. Pagi harinya pulang ke kuburan melalui sebuah lubang kecil yang terdapat salah satu di kuburan. Jerangkoh dipercaya berasal dari arwah manusia yang selama hidupnya suka mencuri. Konon menurut warga jerangkong bisa ditangkap, yaitu dengan cara memasang batok kelapa utuh yang di beri satu lobang, kemudian ditempatkan di kuburan d imana jerangkong itu keluar masuk, dan si jerangkong tidak tahu bahwa dia telah masuk ke dalam tempurung kelapa.

12. Bayi Trek
Bayi Trek diyakini masyarakat Jawa merupakan arwah bayi yang mengalami keguguran. Jika menampakkan dirinya biasanya Bayi Trek berwujud seperti belalang yang besar berkepala bayi.

13. Banaspati
Menurut Wikipedia Banaspati adalah sebutan bagi hantu yang memiliki wujud seperti api dan berelemen utama api. Bisa berwujud menyerupai manusia, juga sering ditemukan berbentuk seperti bola api. Hantu ini biasanya terbang rendah dari satu tempat ke tempat lain dengan kepala berada di bawah. Dikabarkan, hantu ini senang menghisap darah manusia sebagai makanannya. Sering ditemukan di daerah Jawa Tengah, Indonesia.

14. Mbah Jenggot
Masyarakat Jawa biasa menyebut dengan sebutan Mbah Jenggot. Ialah hantu yang memiliki paras yang sudah tua renta dan memiliki jenggot yang diyakini memanjang sampai perut. Hantu ini di ceritakan adalah hantu jin pesugihan.

15. Moto Sak Tampah
Moto Sak Tampah adalah hantu berwujud mata sebesar tampah.

16. Hantu Suster Ngesot
Hantu suster ngesot dipercaya oleh masyarakat sebab adanya cerita atau sejarahnya, pertama ceritanya di Rumah Sakit Umum Cipto Mangunkusumo, Jakarta, sebab di tempat itu ada seorang suster yang meninggal secara tidak wajar. Di suatu malam ada seorang suster yang melaksanakan tugasnya menjaga seorang pasien, keadaan malam itu sangat sepi dan hening tidak ada siapa-siapa yang ada hanya seorang dokter jaga, ketika suster itu hendak mau ke ruangan laboratorium, dihalangi oleh dokter jaga itu, kemudian diperkosa dan dibunuh dengan sadis dan brutal kakinya dimutilasi dan dikuburkan di ruangan laboratorium itu. 

Mitos lain mengenai suster ngesot dari daerah Jawa Barat, yaitu di suatu tempat panti jompo ada seorang suster suster cantik keturunan Belanda bernama Norah dan dia mempunyai ilmu gaib, karena kemampuannya itulah dia manfaatkan untuk membunuh semua penghuni yang ada di panti dengan alasan balas dendam pribadi masa lalu.

17. Memedi Bandhoso
Memedi Bandhoso adalah berupa keranda yang bergerak dan bergetar. Pertanda akan nada malapetaka di daerah sekitar.

18. Jin Tomang
Hantu berparas botak dan memiliki perut yang buncit ini biasanya berasal di sekitaran daerah Tomang. Hantu ini termasuk golongan jin.

19. Jenglot
Jenglot adalah figur berbentuk manusia yang berukuran kecil (sekitar 10-17 cm), berkulit gelap dengan tekstur kasar (seperti mumi), berwajah seperti tengkorak dan bertaring mencuat, serta memiliki rambut dan kuku yang panjang. Jenglot ditemukan di beberapa wilayah di nusantara, misalnya Jawa, Kalimantan,dan Bali. Jenglot dipercaya memiliki kekuatan mistis dan memakan darah manusia. Masyarakat Indonesia meyakini jenglot sebagai makhluk yang memiliki kekuatan mistik dan dapat mengundang bencana.

20. Jelangkung
Arwah gentayangan yang merasuki benda seperti boneka berkepala batok kelapa. Biasanya arwah ini dipanggil untuk menjalani ritual.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar