Sabtu, 10 Juni 2017

4 Tantangan perusahaan ketika berkembang

Perusahaan
Seorang wirausaha yang telah sukses memulai usaha baru dan perusahaannya mengalami pertumbuhan bisnis tentu akan mulai merasakan mendapatkan keuntungan yang besar. Sudah menjadi keinginan semua orang bila usaha yang ditekuni dapat menghasilkan keuntungan yang banyak.

Pendekatan sumber daya manusia seringkali berupa program untuk pengembangan minat dan bakat karyawan. Meskipun bisnis yang sedang berjalan masih berskala kecil, namun tetap dibutuhkan upaya pengelolaan personil. Seorang wirausahawan perlu melatih pegawai mereka secara informal, pelatihan di tempat kerja, pelatihan belajar ketika wirausahawan bekerja. Namun jika bisnis mulai berkembang, maka peru dilakukan antisipasi terhadap keahlian personil serta perlu dilakukan perencanaan pelatihan personil.

Beberapa tekanan yang harus dihadapi oleh pengusaha adalah tekanan pada sumber daya keuangan yang sudah ada, pengusaha seharusnya menerapkan teknik kontrol keuangan yang lebih ketat, pencatatan, dan pengelolaan persediaan. Kemudian dalam mengatasi tekanan pada sumber daya manusia yang sudah ada, pengusaha harus bisa menjawab pertanyaan dari berapa besar proporsi dari tenaga kerja yang harus bekerja permanen dan berapa besar proporsi yang bekerja paruh waktu, juga harus siap memecat tenaga kerja yang tidak kompeten, serta memelihara kultur organisasi fungsional.

Pertumbuhan bisnis dapat memberikan kekuatan tambahan bagi pengusaha untuk mempengaruhi kinerja perusahaan. Akan tetapi ketika perusahaan berkembang, hal tersebut berubah. Perubahan ini memperkenalkan sejumlah tantangan manajerial. Tantangan ini muncul dari berbagai tekanan berikut:

1. Tekanan terhadap sumber daya keuangan yang sudah ada.
Pertumbuhan membutuhkan sumber daya keuangan dalam jumlah besar. Dengan sumber daya keuangan yang besar ini perusahaan menjadi rentan terhadap biaya tidak terduga yang dapat mendorong perusahaan melebih batasnya dan membuatnya bangkrut. Kelonggaran sumber daya dibutuhkan untuk melindungi terhadap kebanyakan bencana lingkungan dan untuk mengembangkan inovasi lebih jauh.

2. Tekanan terhadap sumber daya manusia
Pertumbuhan juga disokong oleh jumlah tenaga kerja. Masalah moral, kejenuhan, dan perputaran yang meningkat. Masuknya tenaga kerja baru akan mengikis budaya kerja, yang merupakan masalah terutama jika perusahaan bergantung pada kultur organisasi sebagai sumber keunggulan kompetitif.

3.Tekanan terhadap pengelolaan tenaga kerja
Seiring perkembangan perusahaan mereka membutuhkan perubahan gaya manajemen, artinya mengubah cara mereka menghadapi pekerja. Pengambilan keputusan manajemen yang merupakan hak eksklusif pengusaha dapat menjadi sesuatu yang berbahaya bagi kesuksesan pertumbuhan perusahaan karena pekerja telah dilibatkan dalam seluruh keputusan penting sejak bisnis tersebut dibuat.

4. Tekanan terhadap waktu pengusaha
Pertumbuhan memakan waktu pengusaha, tetapi ketika pengusaha mengalokasikan waktu untuk berkembang, maka waktu itu harus dialokasikan dari aktifitas lainnya, dan ini dapat menimbulkan masalah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar