5 Tips menciptakan ruang kerja yang nyaman

kursi karyawan kantor
Sebagian besar dari kita menghabiskan banyak waktu di meja, baik saat bekerja di kantor maupun di rumah. Itulah mengapa ruang kerja yang nyaman sangat penting bagi kesehatan dan kenyamanan kita. Kami memiliki semua bentuk dan ukuran perabotan berbeda agar Anda mudah memilih perabotan ruang kerja yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Brosur ini menunjukkan bahwa kenyamanan Anda adalah prioritas utama kami sekaligus solusi agar tercipta lingkungan kerja yang baik.

Sangatlah penting untuk membuat lingkungan kerja terbaik yang cocok bagi Anda. Bekerja dalam waktu lama saat duduk atau berdiri dengan posisi salah atau tidak nyaman, dapat menyebabkan cedera leher dan punggung serta masalah kesehatan serius lainnya. Dapatkan solusi tepat untuk menciptakan ruang kerja ergonomis dan pelajari uji kualitas yang kami terapkan serta bahan yang digunakan.

Pilih kursi, meja, monitor atau lampu yang tepat agar tercipta lingkungan kerja yang nyaman. Pastikan Anda duduk dan berdiri dengan posisi yang benar untuk menghindari cedera. Berikut beberapa tips cara menciptakan ruang kerja yang nyaman.

1. Duduk
Untuk posisi duduk yang bebas dan fleksibel, Anda harus dapat meregangkan kaki di bawah meja dan bergerak 90° ke kanan atau kiri. Sudut antara pinggang/lutut dan kaki di lantai adalah sekitar 95-100°.

Tinggi
Pilih kursi dengan ketinggian yang dapat disesuaikan. Saat berdiri, posisi tertinggi dudukan harus di bawah tempurung lutut. Anda harus bertumpu agar berat badan tersebar merata. Tinggikan kursi jika merasakan tekanan dekat punggung dudukan, tetapi jika Anda merasakannya dekat dengan bagian depan dudukan, rendahkan kursi Anda. Hal ini dapat meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi risiko pembengkakan.

Kemiringan kedudukan
Gunakan kemiringan dudukan untuk mengunci posisi dan menambah kenyamanan. Hal ini mempengaruhi penyebaran berat badan saat duduk serta memberikan stabilitas dan penyangga yang baik saat dibutuhkan. Dianjurkan menggunakan kemiringan sebesar 5°.

Penyangga pinggang
Kursi dengan penyangga pinggang akan meringankan tegangan pada punggung akibat kelelahan. Kemiringan penyangga punggung harus sesuai dengan tubuh bagian atas saat bersandar (dianjurkan 110°).

Sandaran lengan
Sandaran lengan yang tepat dapat menjadi penyangga lengan bawah bagian atas serta mengurangi tegangan bahu dan punggung. Pastikan bahwa sandaran lengan tidak menjadi penghalang saat mendekat ke arah meja atau pun saat bergerak lainnya. Ingatlah bahwa sandaran lengan yang empuk dapat membuat siku Anda nyaman.

2. Berdiri
Meja dengan ketinggian yang dapat disesuaikan cocok jika digunakan untuk berganti posisi sesering mungkin. Berganti posisi duduk dan berdiri akan mengurangi risiko cedera serta meningkatkan sirkulasi dan produktivitas.

Tinggi permukaan meja kerja harus sama dengan siku serta posisi siku harus membentuk sudut 90° saat duduk atau berdiri di depan meja.

3. Bersandar
Penyangga saat berdiri memungkinkan posisi antara duduk dan berdiri. Cocok saat Anda memiliki meja dengan ketinggian yang dapat disesuaikan. Kelebihannya adalah:
  • Tubuh bagian atas dan bawah dapat bergerak bebas.
  • Mengaktifkan dan memperkuat otot tubuh.
  • Membuat posisi tubuh terbuka yang meningkatkan sirkulasi dan metabolisme.
4. Monitor
Monitor harus dimiringkan dengan sudut 20-30° agar optimal untuk mata, leher dan bahu.
  • Pastikan monitor tidak diletakkan dekat Anda. Dengan kursi dan lengan yang terbentang di depan, Anda seharusnya tidak dapat menyentuh layar.
  • Monitor harus diletakkan langsung di depan Anda, dengan bagian atas di bawah garis mata. Menempatkan monitor terlalu tinggi dapat menyebabkan cedera leher.
  • Saat menghadap monitor dalam waktu lama, pastikan lengan dan pergelangan tangan tersangga dengan baik. Keyboard dan mouse harus ditempatkan sekitar 10-15 cm dari tepi meja agar pergelangan tangan tersangga dengan baik.
5. Pencahayaan
  • Untuk mendapatkan pencahayaan yang ideal, Anda dapat menggunakan kombinasi pencahayaan umum, pencahayaan suasana dan pencahayaan untuk bekerja. Lampu
    meja termasuk ke dalam tipe pencahayaan untuk bekerja yang memberikan pencahayaan terarah untuk area terbatas. Produk ini sangat berguna saat mengerjakan tugas kantor maupun sekolah. Pencahayaan umum memberikan pencahayaan yang merata di seluruh bagian ruangan. Pencahayaan suasana menciptakan perasaan nyaman dan melembutkan perbedaan antara pencahayaan umum dan pencahayaan untuk bekerja.
  • Letakkan lampu di sebelah kiri jika Anda seorang pengguna tangan kanan untuk mengurangi bayangan.
  • Komputer dekat jendela harus ditempatkan pada sudut 90° dengan jendela agar tidak silau.

0 Response to "5 Tips menciptakan ruang kerja yang nyaman"

Posting Komentar