Jumat, 02 Juni 2017

7 Sunnah puasa ramadhan yang sering dilakukan

Sunah puasa ramadhan

Puasa Ramadhan hukumnya wajib dilaksanakan oleh setiap muslim yang sudah baligh, berakal, sehat dan tidak sedang bepergian (karena kalau sedang bepergian, ia boleh berbuka, namun wajib qadha di hari yang lain kelak). Puasa Ramadhan merupakan salah satu kewajiban bagi umat Islam berupa berniat puasa, tidak makan, minum dan menahan diri dari hal-hal yang membatalkan puasa sejak terbit fajar hingga terbenam matahari. Orang yang berpuasa dilarang melakukan hal-hal yang secara materi membatalkan puasa seperti makan, minum dan bersenggama dari terbit fajar sampai terbenam matahari dan beberapa hal yang sehukum dengan itu misalnya merokok. Selain itu juga dilarang bicara kotor, berkata yang tidak berguna, mencela, berdusta, dan tindakan yang melanggar aturan agama Islam.

Ramadhan merupakan bulan di mana kita harus dapat mengendalikan diri kita, hal utama yang harus kita lakukan dalam pelaksanaan puasa ramadhan adalah kita harus menjadi penguasa dan raja bagi diri kita sendiri kita harus benar-benar mengendalikan menurut aturan ilahi yang berlaku. Pada bulan ramadhan ini kita harus seperti kepong-pong masuk seperti ulat berbulu yang ditakuti dan menjijikkan dan keluar sebagai kupu-kupu yang indah begitu disenangi oleh banyak orang, yang dapat kita artikan sebusuk dan sekotor apa pun diri kita, setelah menjalankan ibadah puasa ini kita harus menjadi orang yang memiliki kepribadian yang indah dan bermanfaat bagi diri kita sendiri dan orang lain.

Berniat puasa Ramadhan itu wajib diniatkan setiap malam. Artinya, apabila dalam satu Ramadhan itu terdapat tiga puluh hari, maka ia harus berniat setiap malam, sehingga niatnya itu semuanya berjumlah tiga puluh malam juga. Hal ini didasarkan pada keumuman hadits Hafsah yang mengharuskan niat untuk setiap puasa. Di samping itu, setiap hari puasa Ramadhan itu adalah ibadah tersendiri yang tidak terkait antara satu sama lainnya. Demikian juga apabila satu shaum rusak, maka tidak mempengaruhi kerusakan shaum hari-hari lainnya. Karena berdiri sendiri inilah, maka niatnya pun harus tiap malam juga, tidak boleh berniat puasa pada satu malam untuk sebulan puasa.

Pada saat berpuasa disunnahkan untuk melakukan hal-hal sebagai berikut :

1. Berdo'a ketika berbuka
2. Segera berbuka yaitu ketika matahari telah terbenam, disunnahkan dengan yang manis seperti kurma atau minum air.
3. Makan sahur pada waktu pertengahan malam hingga menjelang terbitnya fajar dan hal ini yang lebih utama.
4. Sholat lail (tarawih). Sholat tarawih banyak dilakukan oleh orang-orang, tapi waktu pertama kali puasa sangat ramai di masjid, namun beberapa hari atau menjelang akhir ramadhan, di masjid menjadi orang-orang yang sholat tarawih jumlahnya sedikit, itu sering sekali terjadi. Maklum, namanya juga manusia ada rasa malasnya.
5. I’tikaf di masjid.
6. Mengkaji dan mempelajari Alqur’an dan menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.
7. Memberikan makan pada orang yang berbuka puasa. Banyak orang-orang yang memberi makan pada orang yang berbuka puasa seperti di masjid, di jalan, dan lain-lain.

Itulah sunnah-sunnah puasa yang sering dikerjakan oleh orang-orang, dan juga masih banyak yang lain sunnah-sunnah puasa yang harus anda kerjakan agar mendapatkan pahala oleh Allah SWT.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar