Anak memasuki ajaran baru? inilah persiapannya

anak sekolah

 Persiapan Yang Harus Dilakukan Oleh Anak-nak Saat Memasuki Ajaran Baru

Kesiapan memasuki ke sekolah, anak yang satu belum tentu sama dengan anak yang lainnya, bahkan mereka memiliki usia sama. Hal ini disebabkan karena ada banyak faktor yang mempengaruhi terbentuknya kesiapan sekolah. Selain dipengaruhi oleh kemasakan, lingkungan tempat berkembang juga ikut membentuk kesiapan anak bersekolah. Lingkungan yang terdekat dengan anak adalah keluarga. Dari berbagai karakteristik keluarga, faktor tingkat pendidikan orang tua merupakan sesuatu yang besar pengaruhnya terhadap anak

Kesiapan bersekolah dinyatakan sebagai kemampuan anak mencapai tingkat perkembangan emosi, fisik, dan kognisi yang memadai sehingga anak mampu atau berhasil dengan baik. Saat Memasuki tahun ajaran baru, tentu merupakan hal yang ditunggu-tunggu bagi anak Anda. Maka jangan lupa persiapkan anak-anak agar dapat melangkah memasuki kelas baru dengan penuh percaya diri.

1. Buku dan alat tulis
Buku tulis merupakan hal krusial yang harus dipersiapkan saat memulai kelas baru. Sebaiknya jangan mencampurkan lebih dari satu mata pelajaran dalam sebuah buku untuk mencegah kebingungan. Pisahkan juga buku tulis untuk mencatat materi pelajaran dengan buku untuk latihan soal. Demi menjaga kerapihan, ajak Anak Anda untuk menyampul buku bersama. Sambil menyampul, Anda dapat berbincang dengan buah hati tentang persiapannya kembali ke sekolah, hal favoritnya di sekolah, teman-teman hingga guru terdekatnya.

2. Perlengkapan sekolah
Sebagai bentuk penghargaan atas prestasi anak di tahun sebelumnya, hadiahkan beberapa perlengkapan baru seperti sepatu, tas, atau kotak makan baru. Tentu Anda tidak perlu mengganti semua, hanya barang-barang yang dirasa perlu saja. Ajak anak Anda memeriksa perlengkapan sekolahnya bersama-sama untuk mengajarinya tanggung jawab akan barang-barang pribadinya.

3. Mengulang pelajaran
Satu atau dua hari sebelum kembali ke sekolah, ajak anak Anda membuka kembali buku-buku pelajaran lama untuk mengingat garis besar materi pelajaran terdahulu. Jangan memulai dengan materi yang sulit, melainkan dengan soal-soal sederhana saja. Hal ini bertujuan untuk refresh kembali otak anak yang saat liburan istirahat dari kegiatan belajar hingga lebih siap saat berhadapan kembali dengan guru di sekolah.

4. Tidur lebih cepat
Ajak anak Anda tidur lebih cepat untuk menyesuaikan kembali waktu tidurnya dengan jam sekolah demi membiasakan diri dengan rutinitas belajar mengajar. Selain mempersiapkan hal-hal di atas, pastikan Anda selalu berdialog dengan buah hati seputar pengalaman pertama mereka memasuki kelas baru.

0 Response to "Anak memasuki ajaran baru? inilah persiapannya"

Posting Komentar