Rabu, 09 Agustus 2017

8 Tips meningkatkan kesehatan otak

otak
Fungsi otak setiap orang berubah sesuai dengan bertambahnya usia; sebagian besar proses berpikir, analisis dan pemecahan masalah menunjukkan penurunan pada usia paruh baya dan sesudahnya. Hal ini karena tugas-tugas tersebut terkait langsung dengan memori dan kemampuan mental lainnya. Karena kemampuan-kemampuan tersebut berubah, kita mengalami gejala-gejala memori yang lemah, kemampuan berkonsentrasi yang buruk, pemikiran yang kabur atau memiliki masalah dengan pekerjaan yang banyak.

Bentuk yang paling parah dari gangguan kognitif adalah demensia. Gangguan ini sangat berdampak pada individu, dan mereka tidak mungkin lagi untuk melaksanakan kegiatan sehari-hari dengan normal. Penurunan kognitif yang berkaitan dengan usia di sisi lain terjadi bukan karena proses yang sama. Kita bisa menjadi sedikit lebih pelupa dan sedikit kurang efisien dalam proses berpikir. Kabar baiknya adalah bahwa banyak aspek dari kesehatan terkait penuaan berada di bawah kendali kita. Selain itu, kesehatan terkait penuaan adalah sesuatu yang penting untuk menjadi pelindung terhadap demensia yang mungkin muncul di kemudian hari.

Kesehatan otak dapat ditingkatkan melalui kegiatan yang merangsang mental, seperti bekerja atau bersantai. Bagaimana kesehatan otak dan fungsinya dapat ditingkatkan, inilah tips penjelasannya.

1. Diet Mediterania
Penelitian menunjukkan bahwa diet Mediterania di usia paruh baya dan yang dilengkapi dengan minyak zaitun atau kacang-kacangan dapat membantu meningkatkan fungsi otak. Hal ini mungkin karena diet yang kaya antioksidan sangat terkait dengan penundaan penurunan fungsi kognitif. Ini bukan diet khusus tetapi lebih pada gaya hidup di mana individu makan dari sumber yang alami yaitu makanan yang tidak diolah seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian dan kacang-kacangan. Mereka menjadikan minyak zaitun sebagai sumber utama lemak dari makanan, mengurangi konsumsi daging merah dan makan ikan dalam jumlah rendah sampai sedang.

2. Vitamin D dan vitamin B, dapat meningkatkan kesehatan otak bersama kegiatan lainnya

Vitamin D 
Rendahnya tingkat vitamin D dikaitkan dengan penurunan kognitif pada orang dewasa. Ada makanan tertentu yang mengandung vitamin D yang dapat dimakan untuk melengkapi kebutuhan, misalnya, minyak ikan - seperti salmon, sarden dan makerel, telur, tambahan lemak, tambahan sereal dalam sarapan dan beberapa susu bubuk. Diet suplemen dapat dilakukan bersama dengan perubahan gaya hidup lainnya untuk membantu meningkatkan kesehatan otak secara umum.

Vitamin B
 

Ada bukti yang mendukung bahwa vitamin B dapat membantu meningkatkan kesehatan otak. Tingkat homosistein pada tubuh kita meningkat dengan bertambahnya usia; vitamin B12, asam folat (vitamin B9), dan vitamin B6 dapat membantu untuk menyeimbangkan kembali level ini. Vitamin B secara luas didistribusikan ke seluruh pasokan makanan, jadi jika anda makan makanan yang bervariasi, diet seimbang yang mencakup makanan dari semua kelompok makanan, anda kemungkinan besar mendapatkan banyak vitamin yang anda butuhkan.

Sumber makanan yang baik untuk vitamin-vitamin B meliputi: daging babi, ayam, kalkun, hati, salmon, cod, roti, sereal - seperti oatmeal, gandum dan beras merah, telur, susu, keju, kacang kedelai, kacang tanah, kentang, brokoli , kubis Brussel, bayam, asparagus, kacang polong, dan kacang buncis.

3. Isoflavon kedelai
Isoflavon kedelai tampaknya memiliki efek positif pada peningkatan fungsi otak dan memori visual pada wanita menopause jika digunakan sejak usia awal menopause. Suplemen ini dapat dibeli di toko makanan sehat.

4. Aktivitas fisik
Beberapa studi menunjukkan bahwa aktivitas fisik dikombinasikan dengan stimulasi mental membantu memperbaiki kesehatan otak pada paruh baya. Wanita pasca menopause juga rentan terhadap kenaikan berat badan karena berkurangnya estrogen menurunkan tingkat metabolisme sehingga olahraga teratur akan membantu memerangi banyak gejala. Meskipun wanita sering melaporkan kenaikan berat badan selama periode ini, penelitian telah secara konsisten menunjukkan bahwa kenaikan berat badan terutama dipengaruhi oleh usia, bukan menopause.

5. Olahraga tai chi
Olahraga tai chi telah terbukti efektif dalam usaha untuk meningkatkan daya ingat.Latihan khusus tersebut memusatkan perhatian seseorang pada apa yang ada di sini dan waktu sekarang, dan juga meningkatkan kesadaran terhadap lingkungan sekitar; ini merupakan komponen penting dari meditasi dan latihan pikiran-tubuh seperti tai chi.

6. Kontrol konsumsi alkohol
mengontrol asupan alkohol dapat membantu menjaga kesehatan otak.

7. Berhenti merokok
mengurangi asupan racun dapat membantu meningkatkan kesehatan otak.

8. Aktivitas mental dan interaksi sosial
Stimulasi mental seperti bermain catur dan permainan dengan papan lainnya, belajar bahasa asing, menjadi relawan, membaca dan memainkan semua alat musik akan menjaga otak tetap bekerja meningkatkan kapasitasnya dan meningkatkan fungsi kognitif kita. Bonusnya adalah mendapatkan teman untuk melakukan beberapa kegiatan ini: dalam sebuah studi yang meneliti lebih dari 1.000 orang, orang-orang dengan jaringan sosial yang terbatas 60% lebih mungkin memiliki penurunan kognitif dan demensia setelah periode tiga tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar