Gejala dan hal harus dilakukan hadapi rasa cemas

Rasa cemas muka
Rasa cemas dan ketegangan merupakan masalah biasa. Setiap tahun, banyak orang yang mencari bantuan konselor profesional akibat perasaan ini. Di masa lalu, penanganan umum untuk masalah ini bergantung pada pengobatan, seperti obat penenang. Selain pengobatan, riset menunjukkan bahwa penanganan dengan cara lain juga sangat efektif. Pendekatan-pendekatan baru mengajarkan cara yang efektif untuk menghadapi rasa cemas. Mengajarkan kecakapan dalam mengelola rasa cemas kepada orang lain sama halnya dengan belajar menyetir mobil atau memainkan alat musik.

Saat bahaya mendekat, kita merasa cemas dan sistem tubuh bergerak cepat untuk membantu kita mengambil tindakan yang cepat. Hal ini disebut respons flight atau fight, dan merupakan reaksi bertahan terhadap kejadian yang mengancam. Karena itu, memiliki tingkat rasa cemas yang sedang dapat meningkatkan kinerja dan mendorong kita untuk mengambil tindakan yang cepat.

Sementara tingkat rasa cemas yang tinggi mengurangi kemampuan kita untuk bekerja dengan baik dengan kondisi kehidupan sehari-hari. Saat hal ini terjadi, maka rasa cemas penting untuk dikendalikan. Akan tetapi, rasa cemas tidak akan pernah hilang, karena ia merupakan reaksi sehat yang normal. Tujuannya adalah belajar untuk mengelola dan menggunakannya secara positif.

Gejala umum rasa cemas

1. Sensasi fisik
Gejala umum biasanya berkeringat, gemetar, denyut jantung yang cepat, napas tidak teratur, dan perut yang tidak nyaman.

2. Perilaku
Saat berhadapan dengan situasi yang menakutkan, respon umumnya adalah menghindar atau lari dari situasi tersebut secepat mungkin.

3. Pikiran
Pikiran yang negatif dan irasional adalah respon yang umum. Misalnya, "Aku tidak akan bisa menghadapi hal ini" , "Aku akan mati","Aku tidak bisa melakukan hal ini", atau " Aku akan pingsan jika masuk ke dalam.

Gejala yang memicu rasa cemas

1. Tipe diri anda
Sejumlah orang memiliki sistem saraf emosional yang lebih sensitif dan tipe kepribadian yang lebih rentan. Orang lain mungkin mempelajari cara khawatir dari buruknya cara orang tuanya dalam menghadapi masalah.

2. Beban stres yang anda alami
Stres dapat diukur dengan jumlah masalah (kecil dan besar) serta jumlah perubahan dalam kehidupan anda sekarang ini. Saat anda berhadapan dengan banyak trauma dan perubahan, anda mungkin akan merasa lelah dan lemah, serta lebih rentan terhadap gejala rasa cemas.

Apa yang harus dilakukan jika anda (atau orang yang anda kenal) memiliki gejala rasa cemas
  • Pahami fakta tentang penyebab, jenis, dan penanganan rasa cemas.
  • Kenali gejala dan tentukan keparahan serta beberapa lama rasa cemas itu telah terjadi.
  • Bicarakan semuanya, khususnya apa yang anda/mereka pikirkan dan rasakan, dengan seorang teman yang pengertian.
  • Jangan berharap terlalu banyak dari diri anda/mereka. Hindari tujuan-tujuan yang berat atau mengambil terlalu banyak tanggung jawab.
  • Hindari tekanan atau perubahan yang besar, karena hal itu dapat menyebabkan banyak ketegangan.
  • Istirahat (keluar di siang hari, keluar di malam hari, jalan-jalan, berkunjung, dsb.).
  • Luangkan waktu untuk melakukan hal-hal yang anda/mereka rasa menyenangkan dan menenangkan.
  • Cobalah berolahraga untuk menghilangkan ketegangan yang ada, membantu anda agar tenang serta tidur dengan lebih baik.
Hal yang dapat anda lakukan untuk mengelola rasa cemas

Konselor profesional dapat membantu anda untuk memahami siklus rasa cemas, hubungan antara gejala fisik, berpikir khawatir, menghindari situasi yang menakutkan, dan hilangnya rasa percaya diri pada kondisi kehidupan tertentu. Terdapat juga hubungan antara siklus ini dengan perasaan depresi dan putus harapan.

Cobalah untuk melewati siklus ini dalam tiga tingkatan:
  • Relaksasi dan napas yang terkendali untuk mengelola gejala fisik.
  • Tantang pikiran khawatir anda dan ganti dengan hal-hal positif untuk mengendalikan pikiran yang negatif.
  • Padukan relaksasi dan menantang pikiran anda untuk membantu anda dalam menghadapi situasi yang sulit, bukan justru menghindarinya.
Itulah yang harus dihadapi jika rasa cemas datang dalam kehidupan sehari-hari, semoga bermanfaat.

0 Response to "Gejala dan hal harus dilakukan hadapi rasa cemas"

Posting Komentar