12 Tips menghemat energi listrik di rumah

Lampu listrik hemat

Energi listrik adalah salah satu komponen utama dalam mendukung pertumbuhan suatu daerah. Prosentase konsumsi listrik juga dapat menjadi ukuran peningkatan kualitas masyarakat dan pertumbuhan ekonomi. Energi listrik dalam jumlah besar dihasilkan oleh generator pembangkit listrik. Generator itu digerakkan menggunakan tenaga air, uap, nuklir, matahari, dan lain-lain. Kebutuhan energi listrik semakin meningkat dengan bertambahnya pembangunan perumahan, gedung-gedung, dan jalan-jalan.

Energi listrik banyak digunakan pada peralatan rumah tangga sebagai sumber penggeraknya. Peralatan listrik tersebut mempunyai karakteristik yang berbeda-beda tergantung dari bebannya, apakah beban resistif, induktif dan kapasitif. Adanya peralatan listrik yang menggunakan beban induktif seperti pompa air, mesin cuci, kipas angin, air conditioner (AC), lampu TL, akan menyebabkan arus dan tegangan tidak se-phasa. Perbedaan phasa tersebut, akan menyebabkan penggunaan daya yang tidak efisien, sehingga pelanggan harus membayar lebih mahal.  Semakin canggih peralatan listrik, makin besar pula penggunaan energinya. Untuk itu, kamu perlu menghemat energi listrik.

Berikut ini adalah tips menghemat energi listrik dengan mudah, yaitu:

1. Gunakan bohlam lampu hemat energi. Pergunakan lampu hemat energi (LHE) dan kurangi pemakaian lampu bohlam/pijar. Lampu jenis ini menggunakan energi 80 persen lebih sedikit dan berumur sampai 10 kali lipat dibandingkan lampu biasa. Harganya sedikit lebih mahal, tetap sangat hemat listrik
2. Nyalakan lampu hanya pada saat diperlukan dan segera matikan lampu bila tidak diperlukan lagi.
3. Pasang lampu di sudut ruangan agar cahaya memantul dari dua sisi tembok. Dengan cara ini, ruangan akan lebih terang sehingga tidak harus memakai lampu tambahan.
4. Matikan TV dan radio bila sedang tidak dilihat atau didengar.
5. Jangan meninggalkan komputer dalam keadaan siaga atau atand by. Komputer dalam keadaan siaga dapat menghabiskan 90% tenaga listrik dibandingkan saat ia menyala total.
6. Cabutlah kabel charger langsung dari colokan listrik bila baterai HP atau alat elektronik lainnya sudah terisi penuh.
7. Bila cuaca panas, jemurlah baju yang telah dicuci di bawah matahari, jangan dikeringkan di mesin cuci.
8. Bila memiliki microwave atau oven listrik, hangatkan beberapa macam makanan bersamaan, jangan satu persatu secara bergantian. Saat memanggang dalam oven, jangan sering-sering membuka pintunya karena energi akan terbuang. Cukup dilihat dari bagian luar kacanya.
9. Seringlah bersihkan kulkas secara teratur, karena energi yang dibutuhkan untuk mendinginkan kulkas kotor akan semakin banyak.
10. Jangan menyimpan makanan dalam kulkas terlalu padat berdesakan, karena udara tidak akan dapat bersirkulasi.
11. Buka tirai jendela di siang hari agar sinar matahari bisa menerangi hingga ke bagian dalam rumah. Hemat dan sehat!
12. Sesuaikan jumlah titik dan daya (watt). Menggunakan banyak titik lampu dengan daya rendah akan lebih hemat energi dan baik untuk kondisi mata dibandingkan dengan menggunakan 1 titik dengan daya besar.

0 Response to "12 Tips menghemat energi listrik di rumah"

Posting Komentar