Selasa, 05 September 2017

7 Bagian tubuh kambing yang lezat untuk dimasak

Daging kambing segar

Daging kambing memiliki ciri-ciri yang hampir sama dengan daging sapi. Namun, kambing memiliki serat lebih kecil dibandingkan serat daging sapi, serta aroma daging kambing yang khas goaty. Daging kambing memiliki ciri yang khas, yaitu hampir tidak memiliki lemak dibawah kulit, kelebihan lemaknya ditimbun sebagai lemak yang tersebar diantara serat daging. Memilih bagian daging kambing yang bagus adalah satu masalah tersendiri. 

Cara memilih daging kambing yang bagus. Tendon atau urat tidak disarankan untuk dimasak. Sebab, ketika dimasak pun tendon ini tetap akan menjadi keras. Jadi, disarankan lebih baik dibuang saja. Inilah beberapa bagian tubuh kambing yang biasa dimasak seperti berikut:

1. Leher
Bagian leher, banyak dagingnya, dan tidak keras. Daging kambing bisa keras, karena banyak otot yang terbentuk di sana. Bagian leher, tak banyak digunakan untuk bergerak, sehingga dagingnya pun tak banyak ototnya.

2. Iga
Bagian iga biasa digunakan untuk membuat sup.

3. Dada
Dalam memilih hati, pilihlah yang basah dan tidak kering. Hati yang basah ini menandakan hati kambing ini masih segar.

4. Has dalam
Has dalam, merupakan bagian daging yang paling empuk. Warnanya lebih merah daripada has luar dan jika dipegang lebih basah. Biasa digunakan untuk memasak semur dan kari.

5. Has luar
Has luar, adalah bagian daging kambing yang masih ada lemak putih yang menempel. Lemak ini, jangan dibuang ketika kita akan memasaknya. Ini yang bikin enak, bikin daging lebih moist.

6. Kaki depan (lamb foreshank)
Bagian kaki depan yang utuh, adalah dari paha hingga kaki. Dagingnya lebih keras, karena ototnya terbentuk, lemaknya sedikit. Disarankan memasak dalam waktu lama, agar empuknya sempurna. Baik untuk dimasakan roast lamb, yaitu dipanggang dalam suhu 140 derajat Celsius dalam waktu satu hingga satu setengah jam. Bisa juga dimasak dengan kuah, yaitu semur dan kari. Dengan menggunakan media air dalam memasaknya, daging akan menjadi lebih cepat empuk. Waktu memasak lebih lama daripada daging has dalam.

7. Sengkel atau kaki belakang (lamb shank)
Kaki belakang, dagingnya lebih banyak, dan lemaknya sedikit. Warna dagingnya juga lebih merah, dan tak banyak ditutupi warna putih serta otot dan urat. Ini enak sekali daging di bagian ini, teksturnya keras, sama seperti kaki depan. Disarankan untuk dimasak roast lamb dan semur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar