10 Tips agar anda bisa mudah bangun pagi

Pagi hari
Sudahkah anda membiasakan diri untuk bangun pagi? Bangun pagi ternyata memiliki banyak keutamaan.Beberapa penelitian membuktikan bahwa bangun di pagi hari lebih baik, sebab udara di sepertiga malamt erakhir kaya akan oksigen, dan belum terkontaminasi zat-zat berbahaya seperti asap kendaraan. 

Dr. AlexanderBruce dari Jerman meneliti kandungan udara pada waktu Subuh, dan menemukan bahwa kadar gas ozon yang mengandung oksigen mencapai puncaknya dan akan menipis perlahan-lahan hingga matahari terbit. Gas ozon memiliki manfaat diantaranya menyehatkan paru-paru, memperlancar peredaran darah, penyakit gula, asma, penuaan, alergi, penyakit jantung, meningkatkan kekebalan tubuh, serta merangsang saraf bekerja dengan baik.

Berikut adalah beberapa tips untuk bangun pagi :

1. Niat
Landasi semua perbuatan baik dengan niat yang baik. Minimal kita berniat memperbaiki kualitas hidup kita dengan mulai bangun pagi secara rutin.

2. Tidur Lebih Awal
Ini salah satu kunci utama agar bisa bangun pagi dengan mudah. Jika kita tidur jam 9 atau jam 10 malam, mudah saja bagi kita untuk bangun pagi. Namun hal berbeda terjadi jika kita begadang, sulit rasanya untuk bangun pagi.

3. Hindari Makan Sebelum Tidur
Sebaiknya jangan makan paling tidak 2 jam sebelum tidur. Makan sebelum tidur, apalagi makan makanan yang berat akan cenderung membuat organ tubuh bekerja selama kita tidur sehingga waktu untuk istirahat menjadi terganggu. Lebih baik jika kita memberikan jarak waktu makan dengan waktu tidur. Lebih baik lagi jika membiasakan diri minum 1 gelas air jernih sebelum dan sesudah tidur.

4. Memasang Alarm
Alarm sangat membantu kita untuk terjaga sekaligus sebagai reminder.

5. Ubah Mindset
Saat kita hendak bangun pagi, salah satu yang sulit adalah melawan mindset enaknya meneruskan tidur. Apalagi jika pagi hari hujan dan mati lampu, tambah banyak alasan untuk meneruskan tidur. Coba camkan pikiran ini : Bagaimana seandainya kita diberikan tidur yang berkepanjangan oleh yang maha kuasa? Apakah akan langsung puas atau malah takut memikirkannya?

6. Bergegas untuk mandi
Biasakan diri bangun tidur kemudian minum air putih 1 gelas dan kemudian langsung mandi.

7. Lebih hemat
Bangun pagi bisa menghemat banyak hal. Minimal bisa menghemat listrik karena bisa mematikan AC atau lampu lebih awal. Juga lebih menghemat karena kita bisa lebih efektif bekerja dan mengurangi jatah makan dengan berolah raga

8. Jangan Tidur Menggunakan AC
Saat tidak menggunakan AC biasanya tubuh cenderung panas, terutama jika tinggal di kota-kota besar seperti Jakarta. Tentu akan sangat sejuk jika tubuh yang kepanasan alias gerah ini diguyur dengan air yang menyegarkan. Jika tidak tahan tidur tanpa AC, coba saja set interval waktunya. Misalnya saat kita tidur jam 10 malam, set agar AC otomatis down pada sekitar pukul 12 malam. Karena saat kita tidur, sebagian besar organ tubuh kita beristirahat dan tidak memerlukan kondisi dingin seperti saat kita beraktivitas.

9. Shalat Shubuh Berjamaah di Masjid atau Musholla
Bagi yang muslim, niatkan agar bisa bangun pagi dan shalat shubuh berjamaah di masjid. Meski bisa saja shalat munfarid (alias sendirian) di rumah, tapi akan lebih banyak manfaatnya jika shalat berjamaah.

10. Berdo'a
Jika memiliki niat yang kuat, pasang alarm sekian banyak dan menanamkan mindset tentang kebaikan bangun pagi namun masih tetap gagal bangun pagi, berdoalah dengan sungguh-sungguh agar bisa mengatasi halangan dan hambatan yang ada. Demikian 10 tips agar mudah bangun pagi, semoga bermanfaat.

0 Response to "10 Tips agar anda bisa mudah bangun pagi"

Posting Komentar