6 Tips amankan dapur dari kebakaran

kebakaran api

Kebakaran merupakan salah satu musibah yang paling sering terjadi baik di beberapa kota besar maupun di pedesaan. Hampir setiap hari kita membaca di koran atau melihat siaran di televisi tentang musibah kebakaran yang terjadi baik dalam rumah penduduk, gedung perkantoran, hotel, pertokoan atau pasar. Bencana kebakaran sangat berbahaya karena dapat memakan korban jiwa. Selain itu kebakaran yang terjadi di kawasan penghunian atau pun perdagangan akan menimbulkan kerugian material dan ekonomi yang besar.

Kebakaran merupakan bencana yang lebih banyak disebabkan oleh kelalaian manusia (human error) dengan dampak kerugian harta benda, stagnasi atau terhentinya usaha, terhambatnya perekonomian dan pemerintahan bahkan korban jiwa. Terjadinya bencana kebakaran di kota kota besar di Indonesia terutama dikawasan perumahan jumlahnya meningkat dengan cukup cepat. Kawasan perumahan yang tingkat kepadatan penduduknya tinggi dan jarak antar rumah yang cukup rapat, merupakan salah satu tempat yang sering mendapat bencana tersebut. 

Bencana kebakaran merupakan salah satu ancaman bagi perumahan atau gedung dimana saja, apalagi untuk daerah perkotaan. Kebakaran tidak mengenal waktu, bisa terjadi kapan saja. Maka dari itu, waspadalah jika terjadi kebakaran dan mencegahnya agar tidak terjadi kebakaran khususnya di rumah pribadi yang sering terjadi kebakaran di ruang dapur tempat masak yang bersumber dari kompor gas.

Berikut ini adalah tips untuk amankan dapur dari kebakaran:

1. Jangan tinggalkan dapur ketika menggoreng makanan atau memasak dengan minyak dan lemak.
2. Jangan memasak ketika capek.
3. Untuk memadamkan panci yang terbakar, gunakan tutup panci untuk menutup panci itu. Matikan kompor dan biarkan panci menjadi dingin.
4. Jika kalau terjadi kebakaran dan apinya tidak padam, keluar dari rumah dan telepon pemadam kebakaran.
5. Jauhkan benda-benda yang dapat terbakar dari kompor.
6. Jaga agar anak-anak tidak lebih dekat dari tiga kaki dari kompor.

Bahaya kebakaran pada kehidupan manusia banyak yang mengancam keselamatan harta kekayaan, jiwa, dan raga manusia. Selalu waspada dan tetap siaga jika tiba-tiba terjadi kebakaran. Pencegahan kebakaran sebenarnya dapat dilakukan dengan meningkatkan kesadaran warga akan bahaya kebakaran. Masyarakat harus bisa mengantisipasi sejak dini akan potensi ancaman kebakaran di lingkungannya masing-masing, dengan mempersiapkan diri menghadapi ancaman kebakaran. Selama ini antisipasi tersebut biasanya dengan menyiapkan hidran saluran air, atau tabung pemadam kebakaran di beberapa titik di kompleks perumahan atau perkantoran.

0 Response to "6 Tips amankan dapur dari kebakaran"

Posting Komentar