Inilah tanda keracunan timbal dan cara pencegahan

Bahaya keracunan timbal
Timbal adalah logam beracun yang ditemukan dalam produk-produk umum seperti cat, pipa air, beberapa wadah keramik berglazur, piring-piring, dan lantai keramik, kaleng timah, bensin, dan buangan knalpot mesin. Timbal berdosis tinggi dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang parah. Tetapi keracunan timbal yang lebih umum adalah timbal yang diserap secara perlahan dari paparan dalam jumlah kecil yang terus berulang. Tak ada tanda-tanda keracunan timbal yang jelas, tetapi setelah beberapa lama menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

Keracunan timbal lebih berbahaya pada anak-anak dibanding orang dewasa karena timbal mempengaruhi pertumbuhan syaraf dan otak anak-anak. Makin kecil anaknya, dampak keracunan timbal akan semakin berbahaya. Setelah beberapa waktu, bahkan paparan timbal dalam jumlah sedikit pun dapat membahayakan perkembangan mental.

Seperti racun lainnya, timbal masuk ke dalam tubuh melalui makanan atau minuman, atau diserap melalui kulit. Timbal dapat merusak ginjal dan darah, syaraf, dan sistem pencernaan. Kandungan timbal yang sangat tinggi di dalam darah dapat menyebabkan muntah, jalan sempoyongan, lemah otot, serangan jantung, atau koma. Gangguan lesehatan memburuk bila kadar timbal dalam darah meningkat.

Tanda-tanda
Jika menurut Anda seseorang keracunan timbal, lakukan tes darah di pusat kesehatan masyarakat atau klinik. Pada saat seseorang memperlihatkan tanda-tanda keracunan timbal, kandungan timbal dalam darahnya sudah tinggi. Oleh karena itu penting mencegah keracunan timbal. Tanda-tanda keracunan timbal antara lain:
  • Pemarah.
  • Selera makan rendah dan kurang tenaga.
  • Sulit tidur.
  • Sakit kepala.
  • Anak-anak kehilangan keterampilan yang sebelumnya sudah dimiliki.
  • Anemia (darah lemah).
  • Konstipasi (susah buang air besar).
  • Sakit dan kram di puser (ini biasanya tanda pertama terjadinya keracunan timbal dengan dosis yang tinggi).
Pencegahan
Mencegah terpapar timbal adalah cara terbaik:
  • Cari tahu apakah petugas kesehatan setempat menguji kandungan timbal di dalam air. Jika kandungan timbal dalam air Anda tinggi, cari sumber air lain untuk minum dan masak.
  • Biarkan air kran  mengalir selama satu menit sebelum mengambilnya untuk minum atau masak.
  • Jangan menggunakan peralatan keramik berglazur untuk makan atau memasak.
  • Hindari makanan dari kaleng yang disegel dengan timbal.
  • Buang mainan yang catnya sudah usang jika Anda tidak tahu apakah catnya mengandung timbal.
  • Jangan menyimpan cairan dalam wadah kristal bertimbal karena timbal dapat terlepas ke dalam cairan.
  • Hindari menanam tanaman pangan, membangun  rumah atau menggali sumur di atas atau di dalam tanah yang mungkin mengandung timbal. Jika Anda menemukan batu baterai, serpihan cat, drum oli, dan sampah industri lainnya baik di atas tanah atau terkubur di dalam tanah, itulah tanda bahwa tanah sudah terkontaminasi.
  • Cuci tangan sebelum makan, terutama jika Anda selesai bekerja di luar rumah atau jika anak-anak selesai bermain di luar rumah.
Mencegah keracunan timbal dari cat
Bila cat mulai usang atau dicat secara sembarangan, maka cat akan pudar dan kadang mengelupas atau rontok dari dinding, pegangan tangga, dan mebel. Serpihannya dapat dengan mudah dihirup atau ditelan oleh anak-anak kecil. Jika catnya mengandung timbal, maka sangat berbahaya. Cara terbaik untuk mencegah keracunan timbal dari cat yang usang adalah dengan membuangnya dan menggantinya dengan cat yang tidak mengandung timbal.

Saat membuang cat yang usang:
  • Selalu gunakan sarung tangan, masker, dan kacamata pelindung.
  • Jangan biarkan anak-anak bermain di tempat yang sedang dikerjakan atau di tempat-tempat yang mungkin sudah terkontaminasi.
  • Untuk menjaga agar debu cat tidak beterbangan, basahkan permukaannya dengan air sambil Anda mengamplas dan mengeroknya.
  • Bersihkan semua debu cat secara hati-hati setiap kali menyelesaikan satu bagian. Gunakan kain pel basah dan lap basah, bukan sapu.
  • Kumpulkan serpihan cat dan debu dalam sebuah kaleng atau wadah lain yang kuat, ikat di dalam kantong plastik, dan tanam dalam secara aman.
Mencegah keracunan timbal dari pipa air
Beberapa pertanda bahwa air Anda mungkin sudah terkontaminasi timbal adalah air yang berwarna karat dan noda pada piring dan pakaian yang dicuci. Air dari pipa yang mengandung timbal sebaiknya tidak digunakan untuk membuat susu bayi, dan jika mungkin pipa yang mengandung timbal harus diganti dengan pipa yang terbuat dari besi, tembaga, atau plastik.

Karena timbal pada pipa lebih mudah larut dalam air panas daripada dalam air dingin maka lebih baik tidak menggunakan air panas dari pipa yang mengandung timbal untuk keperluan minum dan memasak. Biarkan air mengalir sampai sedingin mungkin sebelum menggunakannya. Beberapa filter air dapat menyaring timbal..

PENTING: Merebus air tidak membuang timbalnya, malah membuatnya semakin berbahaya!

Mencegah keracunan timbal dari polusi udara luar
Untuk menangkap debu dari luar yang mungkin mengandung timbal, letakkan lap basah di bawah pintu dan di jendela. Untuk mengurangi pemaparan timbal dari udara, pemerintah dan sektor industri harus bekerja sama untuk mengurangi penggunaan timbal dalam produk-produk industri dan membatasi tingkat pencemaran udara yang pemerintah ijinkan dari sektor industri.

0 Response to "Inilah tanda keracunan timbal dan cara pencegahan"

Posting Komentar