Minggu, 05 November 2017

Perubahan perilaku masyarakat gara-gara ponsel

Pneggunaan HP

Dahulu manusia menggunakan surat untuk berkomunikasi jarak jauh, namun semakin majunya peralatan dan daya kreatifitas manusia lambat laun tradis surat menyurat tergantikan dengan kehadiran pager, peger merupakan alat komunikasi yang dibuat untuk meyampaikan pesan singkat, akan tetapi ketidak efektivan pager dalam membantu berkomunikasi maka dibuatlah handphone untuk berkomunikasi.

Kehadiran handphone merubah sistem komunikasi masyarakat yang dulunya kebanyakan dilakukan secara tatap muka, namun pada saat ini sistem komunikasi masyarakat mulai berpindah dari sistem komunikasi lama (tatap muka) menjadi sistem komunikasi baru yaitu melalui handphone. Keberadaan handphone saat ini di anggap sebagai barang kebutuhan yang sangat diperlukan bagi setiap orang, sehingga setiap orang harus memiliki alat komunikasi handphone sebagai alat penunjang kebutuhan berinformasi dan memudahkan masyarakat dalam aktifitas sehari-hari.

Handphone hanya memiliki aplikasi untuk menelpon dan mengirim pesan singkat saja, akan tetapi semakin majunya zaman dan semakin meningkatnya kebutuhan berkomunikasi manusia, maka muncullah handphone yang menyediakan aplikasi-aplikasi atau fasilitas-fasilitas yang memenuhi kebutuhan manusia dalam berkomunikasi. Banyak fasilitas-fasilitas baru yang ada dalam handphone, tidak hanya sebatas mengirim pesan atau telepon saja, tetapi juga bisa digunakan sebagai browsing internet, menonton, foto, video dan masih banyak lagi.

Kemajuan teknologi ini menyebabkan perubahan-perubahan yang begitu besar pada kehidupan masyarakat. Perubahan sosial terjadi ketika ada kesediaan anggota masyarakat untuk meninggalkan unsur-unsur budaya dan sistem sosial yang baru. Perubahan sosial dipandang sebagai konsep yang serba mencakup seluruh kehidupan masyarakat baik tingkat individu, kelompok, masyarakat, Negara dan dunia yang mengalami perubahan.

Gejala perubahan dapat dilihat dari sistem nilai maupun norma, yang pada suatu saat berlaku akan tetapi disaat lain tidak berlaku, atau suatu peradaban yang sudah tidak sesuai dengan peradaban pada masa kini. Misalnya perubahan dibidang telekomunikasi yaitu, penemuan pesawat telpon genggam, sehingga orang dapat meyampaikan pesan dengan cara mudah, baik melalui pesan berbicara maupun pesan singkat. Pengaruh ini akan menjalar kepada penurunan fungsi kantor pos yang sebelumnya memegang peranan penting untuk mengantar surat hingga ketempat tujuan.

Kemajuan teknologi memberikan dampak yang begitu besar terhadap nilainilai yang ada dalam masyarakat, khususnya masyarakat dengan budaya dan adat ketimuran seperti Indonesia. Saat ini, di Indonesia dapat kita saksikan begitu besar pengaruh kemajuan teknologi terhadap nilai-nilai kebudayaan yang dianut masyarakat, baik masyarakat perkotaan maupun masyarakat pedesaan.

Inilah perubahan perilaku masyarakat sebelum adanya handphone dan setelah menggunakan handphone :

Sebelum
Sesudah
1. Orang-orang berdoa terlebih dulu sebelum makan.
1. Orang-orang foto sebelum makan
kemudian upload.
2. Semua orang jalannya tegak serta memperhatikan lingkungan.
2. Kebanyakan orang sekarang, berbungku karena melihat handphonenya.
3. Ketika di kafe, pesan makanan atau minuman terlebih dahulu lalu ngobrol.
3. ketika di kafe, mencari colokan listrik dan konek wifi, kemudian pesan makanan dan minuman dan lanjut bermain handphonenya.
4. Saling menyapa, ngobrol walaupun tidak kenal ketika sedang mengantri ditempat umum.
4. Mengantri dengan bermain handphone.

Sesungguhnya handphone sangat penting bagi masyarakat, karena dengan handphone masyarakat bisa lebih mudah dan lancar untuk berkomunikasi, akan tetapi ternyata handphone bisa menjadi barang yang berbahaya ketika, handphone disalah gunakan, misalnya menggunakan handphone saat sedang belajar mengajar untuk SMS-an dengan pacar dan handphone digunakan sebagai peyimpanan foto-foto atau video porno.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar