Tindakan dan cara menyelamatkan diri dari angin topan

Angin topan

Angin topan adalah pusaran angin kencang yang terjadi disebabkan oleh perbedaan tekanan dalam suatu sistem cuaca.  Angin Puting Beliung atau angin topan juga berbeda-beda antara satu daerah dengan daerah lain sesuai dengan sebutan di daerah masing-masing diantaranya: Orang Jawa menyebut Angin Puting Beliung adalah Angin Leysus atau Angin Puyuh, di Sumatera disebut angin Bahorok dan di Negara lain seperti di Amerika angin sejenis ini disebut Tornado yang mempunyai kecepatan sampai 320 km/jam dan berdiameter 500 meter.

Persiapan jauh-jauh hari sebelum musim siklon ( angin topan ) datang dapat mengurangi kerusakan di properti milik Anda serta menghemat waktu dalam kondisi darurat. Anda dapat melakukan persiapan sebelum musim siklon ( angin topan ) dengan cara :

1. Memangkas bersih cabang-cabang pohon yang di sekitar rumah Anda.
2. Memasang daun ( bingkai ) jendela , atau setidaknya menutup jendela dengan bahan terbuat dari logam.
3. Bersihkan area di sekitar rumah Anda dari bahan-bahan material yang tidak terpakai karena benda tersebut dapat diterbangkan oleh angin yang sangat kencang, sehingga bisa melukai seseorang atau menimbulkan kerusakan pada bangunan.
4. Pastikan kotak peralatan darurat selalu ada di dekat Anda , termasuk pesawat radio yang menggunakan baterai, senter dan baterai cadangan.
5. Simpan daftar nomor-nomor darurat yang berguna bagi keselamatan Anda.

Tindakan ketika peringatan cuaca untuk angin topan atau badai besar disiarkan:
1. Cabut kabel peralatan listrik dan semua antena luar televisi dan radio.
2. Matikan aliran listrik dan gas apabila diinstruksikan oleh petugas-petugas keadaan darurat.
3. Amankan perabot luar rumah dan semua barang-barang di kebun.
4. Isi timba-timba dan bak mandi dengan air bersih kalau-kalau ada gangguan terhadap aliran air leding.
5. Tutup jendela dengan kerai atau tempelkan pita berperekat pada jendela dalam pola silang menyilang menggunakan pita yang kuat dan tutuplah gorden jendela.
6. Parkir kendaraan di bawah atap, jauh dari pohon-pohon, kabel listrik dan aliran-aliran air.
7. Kalau tidak ada tempat di bawah atap untuk kendaraan anda, ikatlah selimut dengan kencang di atasnya untuk memperkecil kerusakan-kerusakan akibat hujan es;
8. Pastikan semua anggota keluarga aman dan berlindung di dalam ruang terkuat di dalam rumah.
9. Bawalah Perlengkapan Keadaan Darurat bersama anda ketika berlindung dari badai dan angin topan.
10. Dengarkan stasiun radio setempat untuk berita-berita baru tentang kejadian-kejadian, peringatan-peringatan lebih lanjut dan pesan-pesan keamanan. 

Tetaplah waspada jika ada peringatan badai angin topan dan bersiap-siap mengambil tindakan untuk menyelamatkan diri karena bencana tidak akan tahu kapan datangnya.

0 Response to "Tindakan dan cara menyelamatkan diri dari angin topan"

Posting Komentar