Inilah tempat ritual mistis pesugihan dan pengasihan

ritual mistis pesugihan dan pengasihan

Ternyata, menurut budaya masyarakat Jawa, istilah kekayaan tidak terbatas arti harta atau uang saja. Di Jawa, orang kaya bisa saja berarti orang yang memiliki jabatan dan sukses berusaha, atau menemukan jodoh yang baik dan mempunyai keluarga yang sehat. Tidak hanya itu, bisa juga berarti mencapai tujuan lain yang sangat diinginkan, misalnya menjadi cantik dan terkenal.

Ada dua istilah yang biasanya terkait dengan ritual mistis, pertama adalah pesugihan, Orang yang mencari pesugihan adalah mereka yang menjalankan proses ritual mistis untuk menambah kekayaan harta dan uang, lebih dari pada yang dimilikinya saat ini.Sedangkan istilah lainnya adalah pengasihan. Pelaku pengasihan adalah mereka yang melakukan ritual mistis dengan tujuan-tujuan tertentu yang diinginkan, misalnya ingin hidup sehat/naik jabatan, mendapat jodoh, cantik dan disenangi atasan, atau ingin menimba ilmu tertentu misalnya ingin kebal atau berumur panjang.

Makam walisongo di masjid ampel surabaya
Makam Walisongo tersebar di berbagai wilayah di Pulau Jawa. Walisongo adalah sembilan orang wali atau sunan, orang-orang yang pertama menyebarkan agama Islam di Tanah Jawa. Ada yang menggambarkan, karena kedekatannya dengan Allah, maka permohonannya selalu dikabulkan dan mereka juga memiliki kekuatan mistis yang sampai saat ini masih dipercaya oleh masyarakat. Oleh karena itu makam mereka tidak pernah sepi sari peziarah. Mereka beralasan jika berdo'a di makam Walisongo akan cepat mendapat wasilah Allah. Dengan demikian, apa yang menjadi permintaan mereka akan segera terwujud atau dikabulkan. Dari peziarah yang datang, sebagian besar berdo'a memohon kekayaan, dengan berbagai cara. Misalnya ada yang memohon tambah rezeki,kelancaran profesi dan usaha atau penglaris atau bahkan meminta pesugihan. Sangat terkenalnya makam Walisongo ini sehingga banyak dimanfaatkan beberapa orang dengan membuka paket tour berkeliling Jawa khusus mengunjungi kesembilan pemakaman Walisongo ini. Bahkan kegiatan tour ini sudah sangat terkenal dan mendapat tanggapan positif dari masyarakat.

Dukun dan paranormal di kabupaten banyuwangi
Wilayah Banyuwangi di Jawa Timur adalah satu tempat yang sangat terkenal dengan perdukunan dan kegiatan paranormal, atau lebih spesifik lagi dukun santet. Di sini saya bertemu dengan dukun yang pandai meramal. Di antara para dukun dan paranormal yang saya temui, ada yang mengakui kekuatan yang mereka miliki merupakan berkah untuk menyampaikan keinginan Allah. Disamping juga ada dukun dan paranormal yang mengaku kekuatannya terkait dengan kebatinan. Saya diberitahu oleh orang yang mempergunakan jasa dukun atau paranormal ini, keinginan yang mereka sampaikan bermacam-macam, termasuk mencari kekayaan.

Dari dukun yang saya temui, orang yang datang biasanya memiliki masalah tertentu yang spesifik. Misalnya perempuan yang saya lihat sedang berbicara dengan dukun, punya masalah suaminya ingin menikah lagi dan ia tidak ingin kehilangan suaminya. Dukun itu menyuruh dia melakukan beberapa hal termasuk mengumpulkan beberapa barang tertentu milik suaminya, kemudian membungkus dengan kemeja dan membakarnya.

Kemudian, saya juga bertemu dengan seorang peramal. Peramal itu menggunakan alat kartu untuk meramalkan kejadian di masa depan. Dia mengakui kekuatannya yang dimiliki merupakan keturunan dari neneknya. Selanjutnya, untuk menambah kekuatannya, sebulan sekali, dia harus ke kuburan untuk melakukan ritual tertentu.

Cara yang dipergunakan hampir sama dengan dukun yang saya temui sebelumnya, peramal ini juga bertujuan memecahkan masalah yang spesifik. Misalnya, setelah saya berkonsultasi, ada dua perempuan datang untuk bertemu dengan peramal. Salah seorang dari mereka, ingin menanyakan kecocokan lelaki, sebagai calon suaminya. Ia melakukannya karena sudah lama gagal mencari jodoh.

Ilmu susuk di kabupaten banyuwangi
Ilmu susuk adalah kegiatan yang dilakukan seseorang untuk mencapai tujuan tertentu dengan cara memasukkan benda tertentu dalam tubuhnya. Susuk, biasanya berbentuk jarum atau bola yang sangat kecil terbuat dari emas atau perak, dipasang di salah satu atau beberapa anggota tubuh oleh seorang dukun. Cara yang digunakan sesuai ajaran yang dianut oleh sang dukun. Jika seorang dukun yang mempergunakan ajaran Islam, sambil memasukkan susuk pada seseorang, akan membaca do'a biar berkah Allah masuk dan mengaliri badan orang yang disusuk. Sedangkan, jika dukun menganut ajaran selain Islam, yang dipakai adalah mantra meminta kekuatan gaib memasuki dan mengaliri badan orang yang disusuk.

Tujuannya susuk, bermacam-macam tergantung keinginan dan keadaan. Misalnya, menurut seorang dukun dari Banyuwangi, ada banyak wanita tuna susila yang menghendaki dipasang susuk agar bertambah cantik atau penampilannya lebih muda dan menarik. Bahkan, ada juga wanita tuna susila yang disusuk dengan tujuan penglaris atau dalam kata lain, biar usahanya tetap lancar (atau banyak lelaki yang datang).

0 Response to "Inilah tempat ritual mistis pesugihan dan pengasihan"

Posting Komentar