Inilah tips aman dan saran saat berbelanja online

belanja online
Masyarakat di zaman sekarang ini sudah terpengaruh dengan keberadaan online shop yang semakin menjamur di dunia nyata. dunia ini semakin terkalahkan dengan keberadaan virtual reality atau dunia maya, yang kian lama semakin memanjakan manusia untuk lebih menyukai dunia maya. 

Dalam belanja online memberikan citra ekslusifitas tersendiri bagai para pembelinya dia merasa dengan belanja online ada perasaan yang berbeda jika belanja di toko offline. Karena belanja online itu kan dengan harga yang di paket atau di kemas secara rapi sebelum di kirim kepada pembeli. 

Biasanya pertama-tama dia coba-coba belanja dengan harga yang murah dulu kalau tertipu tidak rugi banyak-banyak. Setelah merasakan pengalaman pertama belanja online ia merasakan asyiknya dalam menikmati belanja online dan sudah nyaman dengan pelayan yang diberikan oleh toko online, akhirnya tertarik melakukan online shopping.

Akhirnya dengan keseringan belanja online dan sudah mersakan puasnya dengan pelayanan online dia membiasakan belanja online, karena tidak perlu cape-capek kemana-mana, hemat waktu, tenaga dan ongkos.

Karena maraknya penipuan online di Indonesia, penulis membuat sebuah produksi iklan layanan masyarakat dengan tema Tips Aman Belanja Online dalam bentuk video infografis. Iklan layanan masyarakat ini bertujuan untuk memberikan panduan praktis kepada konsumen dan calon konsumen agar tidak tertipu lagi dalam berbelanja online.

Berdasarkan penelitian sebelumnya yang sudah ada, ternyata masih banyak penipuan online yang terjadi di Indonesia dikarenakan masih sedikit media yang menginformasikan tentang bagaimana belanja online yang aman.

Inilah tips-tips aman saat anda berbelanja online, antara lain:

1. Cek kredibilitas dari penjual online shop yang dituju. Karena jika penjual tersebut memiliki reputasi yang baik akan ada banyak testimoni dan komentar positif tentang lapak atau produk yang mereka jual.
2. Hindari berbelanja online menggunakan perangkat umum atau milik bersama untuk menghindari kebocoran akun pribadi.
3. Cek harga produk yang sedang dicari. Karena jika terlalu jauh perbandingan harga jual di toko online dengan toko konvensional resminya juga tidak wajar (kemungkinan barang palsu).
4. Pilih metode pembayaran yang paling aman menurut keperluan pribadi.
5. Pastikan kembali situs online shop yang dipilih sudah aman. Situs yang aman pada umumnya dimulai dengan ikon gembok baru setelah itu dilanjuti dengan alamat situs tersebut.
6. Simpan bukti transaksi dengan penjual jika sudah terjadi kesepakatan atau pembayaran.

Adapun saran yang harus dilakukan oleh penjual dan pembeli antara lain:
1. Bagi pihak penjual sebaiknya dalam bisnis online harus bijaksana dalam melakukan transaksi jual beli jangan sampai ada penipuan yang mengakibatkan merugikan banyak orang. Toko online harus aman nyaman bagi para pembelinya.
2. Bagi pihak pembeli harus pandai-pandai dalam memilih pembelian online agar tidak tertipu dan memilih situs online yang bisa dipercaya dan situs tersebut benar-benar resmi dan ada ketentuan aturan dan hukum yang ada.

Adapun saran lain yang harus dilakukan Misalkan, bagaimana mengecek kredibilitas dari penjual online shop yang dituju, bagaimana memilih metode pembayaran yang paling aman menurut keperluan pribadi, dan seterusnya.

0 Response to "Inilah tips aman dan saran saat berbelanja online"

Posting Komentar