Inilah tanda tanda tsunami harus anda waspadai

Tsunami

Bumi sebagai tempat hidup dan kehidupan manusia menyimpan sumber daya alam yang mensejahterakan dan juga menyimpan potensi bencana yang merusakkan. Bencana kebumian yang sangat merusakkan diantaranya adalah gempa bumi dan tsunami. Tsunami merupakan ikutan dari gempa tektonik yang berpusat di laut. Gempa bumi dan tsunami dapat meluluh lantakan sendi-sendi kehidupan manusia. Upaya meminimalkan resiko akibat gempa bumi dan tsunami dengan melakukan mitigasi yang meliputi memprediksi gempa bumi, tindakan sebelum kejadian, tindakan saat kejadian dan tindakan setelah kejadian.

Tsunami merupakan salah satu tipe gelombang panjang yang mengakibatkan kerusakan dahsyat jika mencapai daerah pesisir. Skala kerusakan dan kerugian akibat tsunami bervariasi baik korban jiwa maupun materi. . Tsunami dapat disebabkan oleh dislokasi dasar perairan, akibat longsoran , letusan gunung berapi di dasar laut. Dari penyebab tsunami tersebut gempa tektonik merupakan penyebab utama terjadinya tsunami. Adanya keterkaitan antara kekuatan magnitude gempa (gempa tektonik dengan dislokasi dasar laut) dengan kejadian tsunami. Hal tersebut ditunjukkan pada data statisik runup tsunami maksimum yang tercatat NOAA. Hasilnya menunjukkan run-up gelombang tertinggi berasal dari tsunami yang dihasilkan dari gempa bumi.

Jalur penunjaman lempeng bumi di wilayah Kepulauan Indonesia merupakan jalur penyebab gempa tektonik yang mana bersifat regional dan umumnya kerusakan yang ditimbulkan sangat parah. Jalur gempa tersebut secara geologis berdampingan dengan jalur gempa bumi. Sebagian jalur gempa bumi tersebut berada di laut sehingga sangat berpotensi menimbulkan bencana tsunami.

Bencana alam biasanya seringkali tidak muncul tiba-tiba, tetapi ada tanda-tanda atau signal yang dapat dibaca manusia. Tanda-tanda tersebut sangat berguna dalam memberikan kesempatan pada manusia untuk menyelamatkan diri dan harta bendanya. Namun sayangnya tidak semua orang mengetahui tanda-tanda tersebut. Karena itu, dalam bab ini kalian akan mempelajari berbagai tanda-tanda bencana alam. Diharapkan kalian dapat mengetahui tanda-tanda tersebut, sehingga terhindar dari malapetaka bencana alam.

Tsunami terjadi terutama karena gempa bumi bawah laut, longsor bawah laut, atau letusan gunung api bawah laut. Walaupun jarang, tsunami bisa juga terjadi karena jatuhnya meteor berukuran besar ke laut. Tsunami juga kadang terjadi karena peristiwa badai yang sangat besar. Tsunami biasa terjadi jika gempa bumi berada di dasar laut dengan pergerakan vertikal yang cukup besar. Tsunami juga bisa terjadi jika terjadi letusan gunungapi di laut atau terjadi longsoran di laut.

Berikut ini adalah tanda-tanda tsunami dari alam:

a. Gempa bumi
Gempa bumi merupakan tanda peringatan tsunami yang langsung dapat dikenali dan dirasakan oleh penduduk di dekat pantai. Walaupun tidak selalu gempa bumi menimbulkan tsunami, tetapi terjadinya gempa merupakan tanda awal bagi penduduk untuk siap siaga menghadapi kemungkinan terjadinya tsunami.

b. Surutnya air laut
Surutnya air laut secara tiba-tiba juga dapat dijadikan tanda akan terjadinya tsunami. Para saksi mata pada saat tsunami Aceh tahun 2004 lalu menyatakan bahwa air laut surut secara tiba-tiba sebelum terjadi tsunami. Peristiwa tersebut menarik para pengunjung pantai dan sebagian bergerak ke arah lautan karena sebagian dasar pantai terlihat dengan jelas. Padahal sekitar 10 sampai 30 menit kemudian menjadi gelombang yang besar dan ganas.
 

Selain tanda-tanda yang umum tersebut, beberapa saksi mata melihat tanda-tanda tsunami lainnya. Beberapa tanda tersebut adalah:

1. Hewan-hewan terutama burung laut yang ada di sekitarnya panik dan ikan-ikan yang ada di laut tampak melakukan ‘migrasi’ secara besar-besaran.
2. Terbentuknya awan vertikal di atas permukaan laut.
3. Gelombang air laut yang ada terlihat lebih besar dan lebih tinggi dari biasanya.

Tetaplah waspada jika dimana pun berada karena terjadi bencana alam tidak ada yang tahu.

0 Response to "Inilah tanda tanda tsunami harus anda waspadai"

Posting Komentar