Penemuan ikan terkecil yang langka di laut

ikan terkecil langka

Ikan laut terkecil di Eropa, goby guillet, ditemukan di perairan Skotlandia. Keen, seorang penyelam, memotret ikan kecil ketika melakukan survei kehidupan laut di sekitar Kepulauan Shetland, Skotlandia. Sebelumnya, ikan yang disebut goby guillet tercatat tiga kali berada di perairan Inggris, tapi belum pernah di ketahui keberadaannya di Skotlandia.

Penemuan yang dimuat Jurnal Marine Biodiversity Records, menjadi catatan penemuan paling utara dari ikan tersebut dan memperluas jangkauan goby hingga 140 mil. Kepulauan Shetland yang terkenal akan kehidupan lautnya, telah menarik wisatawan dalam skala lebih besar untuk menonton
lumba-lumba dan paus.

Ahli biologi kelautan Dr. Richard Shucksmith dan Rachel, Harapan telah mendokumentasikan spesies pulau-pulau kecil termasuk memotret ikan goby guillet (Lebetus guilleti) di Lunna Kirk di daratan Semenanjung Shetland Ness Lunna selama penyelaman musim panas.

“Tidak pernah terlintas dalam pikiran kami bahwa kami akan menemukan ikan langka atau ikan yang akan menjadi ikan laut terkecil di Eropa,” kata Dr. Shucksmith.

“Ketika Rachel melihat goby, dia tahu itu adalah sesuatu yang berbeda sehingga memastikan dia punya beberapa gambar. Dengan demikian, kita bisa mengidentifikasi ketika kita sampai di rumah,” katanya.

Pada awalnya para penyelam yang telah berpengalaman itu bingung oleh penemuan mereka, dan berusaha mencari bantuan untuk mengkonfirmasi identifikasinya.

“Karena kelangkaannya itu, tidak satu pun pemandu mengetahui identitas ikan tersebut, sehingga akhirnya diidentifikasi sebagai ikan langka,” kata Dr. Shucksmith.

Para ilmuwan yang terlibat dalam penelitian ini adalah Dr. Lin Baldock (seorang ahli goby), Dr. Frances Dipper, dan Paulus Kay yang telah menulis panduan untuk spesies-spesies ikan di Inggris, dan Dr Marcelo Kovacic dari Museum Sejarah Alam, Rijeka, Kroasia yang menemukan goby guillet di Laut Adriatik.

Di kepulauan Inggris, goby guillet sudah pernah ditemukan sebelumnya, yaitu dua kali di Selat Inggris dan sekali di dekat Pulau Man. Hingga penemuan di Shetland itulah, catatan paling utara mengenai penemuan ikan ini dibuat di Kattegat, wilayah laut antara Swedia dan Denmark.

Dengan ditemukannya ikan goby guillet di Skotlandia, jangkauan goby makin luas hingga 140 mil. Ikan goby guillet pertama kali diidentifikasi sebagai spesies pada 1971 dan mencapai ukuran maksimal hanya 24 mm.

Berdasarkan catatan, ikan ini relatif sedikit, mungkin karena ukurannya yang sangat kecil, sehingga sulit dideteksi.


Referensi:
Jurnal Marine Biodiversity Records

0 Response to "Penemuan ikan terkecil yang langka di laut"

Posting Komentar