Unik, ikan bergerak dengan gaya yang aneh

Ikan piso-piso berenang dengan gaya menungging yang aneh

Negeri kita mempunyai keanekaragaman hayati (biodiversitas) yang sangat tinggi. Ketika orang-orang Eropa (terutama Belanda) mulai berdatangan ke Nusantara di abad 17, mereka umumnya terperangah menyaksikan betapa beragamnya kehidupan di negeri ini, tidak seperti di negeri mereka di Eropa. Tingginya keanekaragaman hayati di negeri ini, tidak saja ditemukan di daratnya, tetapi juga di perairan lautnya. Untuk meyakinkan warga di negeri asalnya, mulailah beberapa pihak mengirimkan contoh (sampel) biota dari negeri tropis ini ke Eropa, disertai beragam cerita tentang eksotisme biota di negeri tropis nan jauh di seberang samudra itu. Wajar saja berbagai ceritera dan dongeng mengenai berbagai biota laut tropis itu merebak dengan berbagai versinya. Banyak cerita tentang keanehan makhluk hidup tropis dikisahkan sambung-menyambung dari mulut ke mulut, dituliskan atau dilukiskan tetapi bukan lagi berdasarkan informasi dari orang yang pernah langsung menyaksikan atau mengalami hidup di Nusantara. Akibatnya banyak informasi yang tersebar itu tak benar dan menyesatkan.


Ketika ilmuwan Belanda makin banyak berkiprah di Nusantara ini, dan mengirimkan berbagai sampel biota ke negeri mereka disertai deskripsi mengenai kehidupan biota tersebut, makin terkuaklah bahwa banyak kisah sebelumnya tentang makhluk tropis itu tidak sesuai dengan kenyataan. Salah satunya adalah tentang kehidupan ikan piso-piso (Aeoliscus strigatus) yang hidup di daerah terumbu karang Indonesia.

Gambar 2. Ikan piso-piso (Aeoliscus strigatus) berenang dengan gaya
menungging (vertikal dengan kepala di bawah) dalam kelompok yang selalu
bergerak serempak (sinkron)
.

Pada awalnya berdasarkan gambar dan spesimen yang ada, banyak orang di Eropa membayangkan ikan piso-piso ini berenang seperti ikan pada umumnya, yaitu dengan posisi badan yang mendatar. Baru setelah para ilmuwan mendeskripsikan ikan ini beserta perilakunya, orang makin paham bahwa ikan piso-piso ini merupakan ikan aneh terutama karena gaya renangnya tidak seperti ikan pada umumnya. Ikan yang mempunyai panjang berkisar 10-15 cm ini sekujur tubuhnya diliputi pelat pelindung bagaikan plastik. Sepanjang tubuhnya terdapat garis hitam atau coklat gelap yang memanjang dari ujung moncongnya yang panjang hingga ke bagian ekornya. Sirip-siripnya kecil dan bening, sedangkan ekornya berbentuk duri kecil. Yang paling aneh tentunya adalah gaya renangnya yang tidak lazim. Tidak seperti ikan lain pada umumnya.

Ikan piso-piso berenang dengan gaya menungging atau dengan posisi kurang lebih vertikal dengan kepala di bawah. Biasanya dalam kelompok yang selalu bergerak serempak (sinkron). Ikan ini memakan hewan kecil seperti berbagai jenis krustasea kecil yang ada di selasela karang atau disela-sela duri bulu babi (Diadema) yang durinya panjang-panjang. Bila mendapat ancaman, kelompok ikan ini bisa berenang melesat serempak berlindung di antara karang bercabang (staghorn corals) atau di antara duri-duri panjang bulu babi Diadema.

Ikan piso-piso bukanlah ikan yang mempunyai nilai ekonomi sebagai ikan konsumsi, tetapi ada dimanfaatkan sebagai ikan hias.

0 Response to "Unik, ikan bergerak dengan gaya yang aneh"

Posting Komentar