11 Hal harus dilakukan agar dapat berpikir positif

berpikir positif
Berpikir positif adalah sumber kekuatan dan sumber kebebasan. Disebut sebagai sumber kekuatan karena ia membantu manusia memikirkan solusi sampai mendapatkannya. Dengan begitu manusia bertambah mahir, percaya, dan kuat. Disebut sebagai sumber kebebasan karena dengannya manusia akan bebasa dari penderitaan dan belenggu pikiran negatif yang dapat mempengaruhi fisik manusia. Pola berpikir yang paling baik dan paling kuat karena tidak terpengaruh oleh ruang, waktu, dan pengaruh lainnya adalah pola berpikir positif. Ketika berpikir positif telah menjadi kebiasaan maka ketika ada masalah atau tidak ia akan selalu bersyukur kepada Allah SWT. berpikir mencari solusi dari segala kemungkinan hingga pikiran itu akan menjadi suatu kebiasaan dalam hidup.

Orang yang berpikir positif akan mengetahui apa yang mereka inginkan, bagaimana tujuan mereka, mereka harus meraihnya dengan suatu usaha dan dengan kepastian yang terarah serta pantang menyerah atau pun putus asa. Dalam diri mereka secara tidak langsung akan menanamkan sifat antusiasme, semangat yang besar yang tetap bertahan dalam kondisi apa pun dan melangkah tanpa merasa sulit maupun ragu-ragu.

Berpikir positif itu dapat menghasilkan suatu kinerja yang bagus dan maksimal serta menjadikan baik pula hubungan kita dengan orang lain. Selebihnya,ketika kita berpikiran positif kepada Allah maka Ia akan meliputi kita dengan suatu kesenangan, kebahagiaan, dan kebaikan.

Dengan adanya berpikir positif adalah agar seseorang itu dapat mencapai kesuksesan dan kebahagiaan dalam melakukan suatu tindakan. Orang yang berpikir positif tidak akan mudah menyerah dalam menjalani berbagai rintangan yang ada. Berpikir positif dapat menjadikan karakter yang positif pula.

Ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh manusia untuk dapat berpikir positif, diantaranya:

1. Menikmati hidupnya
Orang yang berpikir positif tidak mudah merasa bosan dalam hidupnya. Mereka menikmati segala pekerjaan yang diberikan kepadanya serta menerima keadaan dirinya dengan besar hati.


2. Melihat masalah sebagai tantangan
Orang yang berpikir positif akan memandang setiap masalah sebagai tantangan. Mereka tidak akan menghindari masalah, melainkan menghadapinya. Seseorang yang berpikir positif akan berpikir bahwa dirinya lebih besar dari masalahnya. Mereka berkeyakinan bahwa setiap masalah pasti ada solusi pemecahannya”. Bahkan, satu masalah memiliki kemungkinan solusi yang bermacam- macam. Ciri dari orang yang berfikir positif adalah menerima masalah dan berusaha menghadapinya”. Mereka menganggap masalah bukan sebagai hal yang harus dihindari, tidak diakui, atau disesali melainkan sebagai bagian dari kehidupan yang harus dihadapi.


3. Mensyukuri apa yang telah dimiliki
Orang yang berfikir positif selalu bersyukur terhadap segala sesuatu yang dimilikinya. Mereka pantang berkeluh kesah terhadap apa yang belum dimilikinya. Dengan rasa syukur inilah, mereka akan selalu merasa bahagia.


4. Melawan pikiran-pikiran negatif
Menurut pendekatan kognitif, pikiran merupakan pusat yang mengendalikan perasaan dan perilaku. Pikiran-pikiran negatif akan memberikan pengaruh negatif terhadap tubuh dan jiwa kita sehingga harus diminimalisir agar tidak mendominasi kehidupan kita.


5. Menjauhi gosip
Gosip akan membuat seseorang bersikap tidak obyektif dalam menilai sesuatu. Orang yang berpikir positif akan menjauhi gosip agar pikirannya lebih jernih dalam menilai orang lain maupun masalah yang dihadapi.


6. Bersikap proaktif
Sikap proaktif akan mendorong seseorang untuk fokus pada pemecahan masalah daripada menyalahkan diri sendiri maupun orang lain. Mereka lebih banyak bertindak daripada berbicara.


7. Terbuka terhadap saran dan ide dari orang lain
Seseorang yang berpikir positif dapat menerima saran, kritik, dan ide dari orang lain. Kritik dari orang lain tidak dipandang sebagai hal yang mengancam, melainkan sebuah pertimbangan untuk melakukan hal yang terbaik.


8. Menggunakan bahasa positif
Seseorang yang berpikir positif akan berusaha berbicara menggunakan kalimat-kalimat yang positif. Orang yang berpikir positif selalu ditandai dengan memiliki pemikiran yang positif, perasaan yang positif, berbicara yang positif, berperilaku positif, berpenampilan positif serta memiliki kehidupan yang positif”. Berbicara positif adalah berbicara dengan cara, tujuan, dan menggunakan kata-kata yang baik.


9. Menggunakan bahasa tubuh yang positif
Bahasa tubuh akan menunjukkan kepribadian seseorang. Orang yang berfikir positif akan menampilkan gerakan-gerakan tubuh menunjukkan kepercayaan diri, kejujuran, dan kehangatan. Misalnya dengan tersenyum, berjalan dengan langkah tegap, gerakan tangan yang ekspresif, dan anggukan kepala. Seseorang yang berpikir positif selalu dapat tersenyum dan berbicara dengan intonasi yang teratur dan tepat sehingga orang-orang di sekitarnya dapat merasa nyaman.


10. Menghargai diri sendiri dan orang lain
Orang yang berpikir positif akan selalu menghargai diri sendiri dan orang lain. Penghargaan terhadap diri sendiri atau selfesteem adalah sejauh mana kita memiliki sesuatu yang kita rasakan bernilai atau berharga, serta sejauh mana kita meyakini adanya sesuatu yang bernilai, bermartabat atau berharga di dalam diri kita. Penghargaan seseorang terhadap diri sendiri akan mempengaruhi bagaimana dia akan menghargai orang lain.


11. Optimis
Orang yang berpikir positif akan selalu optimis dalam menghadapi apa pun. Optimisme memiliki dua pengertian yaitu pertama, optimisme adalah doktrin hidup yang mengajarkan kita untuk meyakini adanya kehidupan yang lebih baik untuk kita. Kedua, optimisme berarti kecenderungan batin untuk merencanakan aksi, peristiwa atau hasil yang bagus. Jadi, optimis berarti kita meyakini adanya kehidupan yang lebih baik dan keyakinan itu kita gunakan untuk menjalankan aksi yang lebih baik guna meraih hasil yang lebih baik.


Orang yang berpikir positif akan memandang setiap masalah yang dihadapinya dari sisi yang baik, seberat apa pun masalahnya. Hal tersebut membuat mereka tidak mudah menyerah, stress, atau pun frustasi. Mereka memiliki sikap optimis terhadap masa depan dan hasil yang akan dicapai.

0 Response to "11 Hal harus dilakukan agar dapat berpikir positif"

Posting Komentar