9 Bukti penelitian magnet bagus untuk kesehatan

Magnet
Magnet merupakan suatu benda yang tidak asing bagi kehidupan sehari-hari. Pemanfaatan magnet dalam industri maupun rumah tangga telah banyak dikembangkan. Menurut sejarahnya, magnet pertama kali ditemukan oleh rakyat Yunani kuno. Kata magnet berasal dari Bahasa Yunani magnetis litious yang berarti batu magnet. Magnet pertama kali ditemukan di Kota Magnesia yang merupakan nama sebuah kota di Yunani (sekarang Turki). Seiring dengan perkembangan zaman, telah banyak penelitian mengenai fenomena magnet tersebut. Gauss misalnya, telah merumuskan bahwa tidak ada monopol magnet (suatu batang magnet dipotong sekecil apapun tetap memiliki dua kutub/dipol), yang kemudian rumusan tersebut disempurnakan oleh Maxwell dalam bentuk differensial yang lebih mudah dan banyak penggunaannya.

Magnet umumnya digunakan dalam dunia kelistrikan, tapi magnet juga bisa digunakan di dunia medis, yaitu sebagai penyembuhan beberapa jenis penyakit dan kecantikan. Bahkan hal ini telah dipraktekkan oleh Cleopatra sekitar 2.500 atau 3.000 tahun sebelum Masehi. Cina sendiri menggunakan magnet sebagai alat untuk melakukan akupuntur dan reflexology sejak tahun 2.000 sebelum Masehi. Kemudian pada abad ke XV, seorang dokter bernama Paracelsus dari Swiss mengaku bahwa magnet punya manfaat sebagai alat terapi. Dia membuat artikel tentang pengaruh magnet bagi penyembuhan dan kesehatan badan.

Manfaat magnet bagi kesehatan dikenal sejak ratusan tahun, baik oleh masyarakat china maupun india kuno, dan kini telah dapat dibuktikan bahwa penggunaan batu yang menghasilkan medan magnet dapat mengatasi gangguan kesehatan.

Sebuah penelitian di Jerman pada tahun 1999 menemukan bahwa magnet dengan frekuensi rendah dapat mengurangi atau membatasi kejang, dan efektif bagi pasien yang tidak bisa mempan dengan pengobatan biasa. Kumparan magnet ditempatkan disamping kepala untuk mengarahkan gelombang magnet ke otak. Peneliti mengklaim bahwa sebagian besar peserta penelitian berkurang kejang-kejangnya hingga setengah.

Beberapa data penelitian membuktikan bahwa magnet bermanfaat untuk kesehatan:

1. "Energi magnetik mendatangkan efek menguntungkan terhadap sirkulasi darah, sirkulasi getah bening, produksi hormon, saraf, dan otot" Dr Ulrich Warnke, M.D. Magnets to Overcome Pain. The New Healing Method (Magnet mengatasi rasa sakit. Metode penyembuhan baru).

2. "Penggunaan terapi magnet manjur, sederhana, bebas resiko (aman) dan ongkosnya rendah. Hal ini menawarkan orang awan atau kaum wanita dapat melakukan terapi sendiri untuk gangguan kesehatan setiap saat sepanjang hidupnya" Dr. Evelyne Holzapfel, Magnetic Therapy.

3. "Tak seorang pun ragu tentang penggunaan magnet untuk meringankan rasa sakit setelah Dr. Carlos Valbona mantan pimpinan dari Departement of Community Medicine pada Baylor College of Medicine di Houston. Lebih lanjut Vabona takjub ketika dalam penelitiannya beliau mendapatkan beberapa perubahan berkat pengaruh dari kerja magnet pada para pasien penderita penyakit pasca polio". The New York Times, Dec, 8, 1997.

4. " Saya tidak mengatakan sesuatu layaknya seorang pendeta, tetapi inilah wajah saya: terapi magnet ini adalah pemberian Tuhan. Ini sangat bagus sekali untuk segala hal". Dr. Kenneth S. Mclean, MD. Bioenergy Newsletter, Feb, 1986.

5. "Disamping mudah, sederhana, efisien dan ongkosnya rendah, terapi magnet memberikan efek jangka panjang dan dijamin sangat aman" Dr. Louis Donnet, MD. Magnet Untuk Kesehatan Anda (Magnets for your Health).

6. "Terapi magnet di Jepang dan beberapa tempat di sebagian negara Eropa dan Asia telah menjadi pengobatan kedokteran tradisional (merakyat), merupakan bentuk pengobatan diri sendiri yang dapat diandalkan". Richard Leviton, "Penyembuhan dengan Energi Alami" ("Healing with Natures Energy") East-West Journal, June 1986.

7. "Hasil-hasil yang mengejutkan yang diperoleh dari terapi magnet secara keseluruhan telah memberi kedudukan yang sungguh-sungguh penting dalam dunia terapi" Neville S. Bengali M.D. Magnet Therapy: Theory and Practice.

8. "Ini adalah revolusi dalam terapi untuk cidera otot, juga membantu masalah rasa sakit dan gangguan akibat sikap (postur) tubuh yang salah. Kami telah melakukan terapi 4000 pasien dengan cidera urat pada leher dengan terapi magnet dan 80% dari mereka mengalami penyembuhan" Dr. J.B. Baron, M.D.?Medical Convention di Baylor College of Medicine, Texas.

9. "Ini adalah sesuatu yang dapat diharapkan bahwa penggunaan energi magnet dapat dilakukan tanpa ketentuan yang kaku, mudah dan cocok dipergunakan di rumah untuk pemakaian sendiri". Dr. William H. Philpott, M.D. New Hope: Magnet Therapy.


Referensi:
Luneto, C. 2009. Kegunaan magnet dalam kehidupan sehari-hari.
Hendrajaya, L. 2005. Magnetasi Tubuh Manusia Dalam Latihan Pernapasan dan Kemanfaatannya.
dan berbagai sumber lainnya.

0 Response to "9 Bukti penelitian magnet bagus untuk kesehatan"

Posting Komentar